Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Kepala Balai BPTUHPT Siborongborong

Selasa 12 Maret 2019, bertempat di halaman kantor BPTUHPT Siborongborong dilakukan serah terima jabatan kepala BPTUHPT Siborongborong,yang disaksikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. I Ketut Diamirta MP. dan Inspektur Jenderal Kementrian Pertanian Bapak Justan Riduan Siahaan, AK., MACC, CA,. Kepala Balai sebelumnya yaitu Drh. Muchti MP berganti menjadi Drh. IG. N. A Wisnu Adi Saputra, M.Si., yang dilantik pada hari Senin tanggal 4 Maret 2019 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian 148/Kpts/KP.230/A/03/2019 tanggal 1 Maret 2019 tentang Pemberhentian, Pemindahan dan Pengangkatan Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas Di Lingkungan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pada acara Sertijab ini, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan mengapresiasi kinerja BPTU HPT Siborongborong selama ini, dan secara khusus berpesan agar pimpinan yang baru dilantik harus mampu membimbing dan mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki, sehingga tugas dan fungsi organisasi yang diamanahkan dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 56/Permentan/OT.140/5/2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak dapat menghasilkan serta mengembangkan bibit ternak unggul babi dan kerbau serta hijauan pakan ternak yang berkualitas Pada kesempatan ini Kepala Balai sebelumnya Bapak drh. Muchti, MP. berharap dengan adanya penggantian Kepala Balai BPTUHPT Siborongborong dapat meningkatkan kinerja Balai, sehingga peran Balai kedepan dalam pengembangan ternak Babi dan Kerbau khususnya dapat lebih meningkat, dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN dan revolusi industri 4.0 Pada sambutannya, Kepala Balai yang baru, Wisnu Adi Saputra mengharapkan dukungan dari segenap karyawan dan karyawati BPTU HPT Siborongborong agar bisa membawa Balai kearah yang lebih baik lagi. "Tetap penuh optimis pada kita semua dapat bekerjasama untuk mengedepankan sikap profesionalisme dalam bekerja, amanah dalam mengemban tugas, komitmen dalam bertindak, dan sikap saling menghormati menjadi kunci penting dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja Balai" ungkapnya. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan mengucapkan selamat kepada Kepala Balai baru dan juga memberikan pesan untuk meneruskan…

Read more

Pertemuan dan Diskusi dengan Inspektur Jenderal Kementrian Pertanian

Rangkaian acara serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Balai BPTUHPT Siborongborong dihadiri oleh Inspektur Jenderal Kementrian Pertanian Bapak Justan Riduan Siahaan, AK. MACC, CA,. Pada kesempatan ini Bapak Irjen menyempatkan diri bertemu dan berdiskusi dengan seluruh pegawai di aula kantor BPTUHPT Siborongborong. Selasa, 12 Maret 2019. Bapak Irjen menyampaikan materi  "Teori U" untuk dipahami dan diterapkan oleh Kepala Balai yang baru bersama-sama dengan para pegawai, dalam membangun BPTUHPT Siborongborong ke arah yang lebih baik. "Teori U" dipopulerkan oleh Otto Scharmer, Dosen Senior MIT dalam bukunya yang berjudul "Theory U : Leading from the Future as it Emerges (2nd edition 2016)" mengungkapkan bahwa adanya kebutuhan kesadaran baru pada sebuah kepemimpinan dan lingkungan sosial yang mandeg. Bapak Irjen berharap BPTUHPT Siborongborong dapat menjadi leader pembangunan peternakan karena letaknya yang strategis berada dalam kawasan danau toba, yang merupakan kawasan strategis pariwisata nasional. Sehingga  diperlukan peran BPTUHPT Siborongborong untuk dapat ikut andil dalam menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke kawasan wisata danau toba. Dalam hal peningkatan produksi ternak khususnya ternak babi dan kerbau, Bapak Irjen juga berharap adanya perubahan signifikan pada populasi, produksi dan tata kelola pembibitan ternak, sehingga kebutuhan masyarakat akan bibit babi dan kerbau yang berkualitas dapat dipenuhi, khususnya di wilayah danau toba umumnya di Indonesia. Sehingga upaya Kementrian Pertanian mewujudkan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045 dapat tercapai.  Selanjutnya untuk dapat mencapai tujuan itu semua diperlukan kesadaran bersama para pegawai untuk bersama-sama membangun BPTUHPT Siborongborong ke arah yang lebih baik.

Read more

Hibah Ternak Kerbau Murrah Ke Provinsi Aceh

Dalam rangka pengembangan ternak kerbau murrah di Provinsi Aceh, maka Kementrian Pertanian, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT) Siborongborong , menyerahkan bantuan hibah ternak kerbau murrah ke Pemerintah Provinsi Aceh dalam hal ini diterima oleh Dinas Peternakan Propinsi Aceh. Ternak kerbau murrah yang dihibahkan sebanyak 5 ekor, terdiri dari 1 ekor pejantan dan 4 ekor betina, yang telah melalui tahapan seleksi dan pemeriksaan kesehatan ternak dengan baik. Kerbau murrah merupakan salah satu jenis kerbau yang baik untuk dikembangbiakkan, karena produktivitasnya sebagai sumber daging dan susu. Selanjutnya dengan adanya bantuan ternak kerbau murrah ke Provinsi Aceh,  diharapkan dapat di kembangbiakan dengan baik, sehingga kebutuhan masyarakat akan  daging dan susu di Provinsi Aceh dapat terpenuhi.  

Read more

Bantuan Ternak Babi ke Kabupaten Dairi Propinsi Sumatera Utara

Senin (17/02) Kementerian Pertanian melalui BPTUHPT Siborongborong, mendistribusikan bantuan ternak bibit babi ke Kabupaten Dairi sejumlah 50 Ekor. Bantuan Ternak Babi di fasilitasi oleh Bapak Dr. Capt. Anthon Sihombing anggota komisi IV DPR RI yang diserahkan kepada Perhimpunan Petani Organik Dairi (PPOD), untuk selanjutnya di distribusikan kepada para peternak di Kabupaten Dairi. Bibit ternak babi yang didistribusikan terdiri dari 23 ekor babi jantan dan 27 ekor babi betina, dengan jenis breed babi Landrace dan Yorkshire. Bibit ternak babi yang di distribusikan telah melalui seleksi bibit dan uji performance, serta pemeriksaan kesehatan ternak. Diharapkan dengan  adanya bantuan bibit ternak babi dapat tersebut berkembangbiak dengan baik di peternak, sehingga kesejateraan peternak babi di Kabupaten Dairi dapat meningkat.  

Read more

Bantuan Ternak Babi ke Kabupaten Dairi Propinsi Sumatera Utara

Senin (17/02) Kementerian Pertanian melalui BPTUHPT Siborongborong, mendistribusikan bantuan ternak bibit babi ke Kabupaten Dairi sejumlah 50 Ekor.

Bantuan Ternak Babi di fasilitasi oleh Bapak Dr. Capt. Anthon Sihombing anggota komisi IV DPR RI yang diserahkan kepada Perhimpunan Petani Organik Dairi (PPOD), untuk selanjutnya di distribusikan kepada para peternak di Kabupaten Dairi.

Bibit ternak babi yang didistribusikan terdiri dari 23 ekor babi jantan dan 27 ekor babi betina, dengan jenis breed babi Landrace dan Yorkshire. Bibit ternak babi yang di distribusikan telah melalui seleksi bibit dan uji performance, serta pemeriksaan kesehatan ternak.

Diharapkan dengan  adanya bantuan bibit ternak babi dapat tersebut berkembangbiak dengan baik di peternak, sehingga kesejateraan peternak babi di Kabupaten Dairi dapat meningkat.

 

Berita LPSE Tanggal 20 Maret 2019
BERITA LPSE TANGGAL 26 Agustus 2015
Berita LPSE Tanggal 16 Juli 2014
Informasi Pengadaan TA. 2014
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Album Photo

Dokumen Video


Produk Kami

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Alamat Kantor

Artikel Terbaru

Kunjungan Bupati Tapanuli Utara
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Link Terkait

   Direktorat Pakan    Portal PPID

Kegiatan Instalasi

 
Kantor Instalasi Silangit Instalasi Silangit, Desa Parik Sabungan Kecamatan Siborongborong, dengan luas sekarang ± 23 Ha yang beralamat di Jl. Siborongborong_balige Km. 7 Parik Sabungan, Siborongborong. Penggunaan Kantor administrasi terhitung pada tanggal 02 Juli 2018. Jenis ternak yang dikembangkan di Instalasi Silangit yaitu ternak Kerbau Sungai/Perah jenis Murrah. Lokasi Kantor BPTUHPT Siborongborong dan Instalasi Silangit sangat dekat dengan Bandara Internasional Sisingamangaraja XII (Bandara Silangit). Status tanah sudah bersertifikat dari BPN. Jenis Kerbau Murah di Instalasi Silangit Fasilitas Kandang Di Instalasi Silangit Kegiatan Fungsional Pengawas Mutu Pakan Kegiatan Fungsional Pengawas Bibit Ternak Kegiatan Fungsional Medik dan Paramedik Veteriner Kebun Rumput Potong...

 
Instalasi Bahal Batu , terletak di Desa Bahal Batu Kecamatan Siborongborong dengan luas lahan ± 59,5 Ha telah bersertifikat dari BPN, Jarak ke Kantor Pusat + 20 Km. Lokasi ini digunakan untuk pengembangan / pemeliharaan ternak kerbau lokal, Babi Lokal dan Babi eksotik. Kerbau Lumpur Lokal Babi Yorkshire Babi Landrace Babi Duroc Babi Berkshire Babi Lokal Samosir Fasilitas Kandang Kerbau di Instalasi Bahal batu Kebun HPT di Instalasi Bahal Batu Padang Pengembalaan di Instalasi Bahal Batu Fasilitas Kandang Babi di Instalasi Bahal Batu Fasilitas Kandang Babi di Instalasi Bahal Batu    

 
Instalasi Rondaman Palas (Eks Proyek CESS Dinas Peternakan Tk. I Sumatera Utara, diserahkan ke Balai tahun 1979), terletak di Desa Sihopuk Baru Kecamatan Halongonan Kabupaten Paluta dengan luas ± 94 Ha. Jarak lokasi ke Kantor Pusat 198 Km. Status tanah sudah bersertifikat dari BPN. Fasilitas Kandang di Instalasi Rondaman Palas Ternak Kerbau Lumpur di Instalasi Rondaman Palas Kebun HPT di Instalasi Rondaman Palas Padang Pengembalaan di Instalasi Rondaman Palas

Penghargaan

  Sertifikat ISO    Wilayah Anti Korupsi

Statistik Pengunjung

170873
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Bulan Ini
Total Penggunjung
98
268
539
539
170873

IP Anda: 3.226.251.81
Waktu Server: 2019-08-22 05:59:14